We come with the latest version 1.6, get this theme through our official site.

Apa Itu HTML Dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

Apa Itu HTML Dan Bagaimana Cara Penggunaannya?
HTML

Bagi seorang blogger pasti tau apa itu "HTML", dan mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya apa sih HTML itu? dan bagaimana cara pengaplikasiannya. maka dalam sebuah artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu HTML?, bagaimana cara penggunaannya dan sejarahnya.

Pengertian HTML

HTML terdiri dari sebuah singkatan kata yaitu "HyperText Markup Language" yang merupakan sebuah bahasa markup yang biasa digunakan untuk pembuatan sebuah web, menampilkan sebuah informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan formating hypertext yang ditulis kedalam berkas fromat ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang integerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat didalam perangkat lunak(software) pengolah kata yang disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi homepage dengan perintah-perintah HTML.

HTML terdiri dari sejumlah perintah dimana kita dapat men-set sebuah elemen web seperti judul, garis, tabel, gambar dan lain-lain yang disebut "Tag" atau kode-kode yang dapat dimengerti oleh browser dan menampilkannya kelayar monitor. Setiap tag massih dapat dilengkapi oleh atribut. Dibawah ini adalah contoh penggunaan tag beserta atributnya :.

<html>
<head>
<title>Tag Dan Atribut</title>
</head>
<body bgcolor="red">
<font face='arial black' color='yellow' size='5'>Tag dan atribut</font>
</body>
</html>

Tulisan bewarna biru adalah Tag, merah adalah atribut dan orange adalah nilai/value dari sebuah atribut.dan seperti itulah sedikit contoh penggunaan tag dan atribut.

Sejarah HTML

HTML bermula dari sebuah bahasa yang umumnya banyak digunakan didalam dunia penerbitan dan percetakan yang disebut SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan sebuah halaman web. HTML saat ini merupakan standar internet yang didefenisikan dan dikendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Konsep HTML pertama kali diciptakan oleh IBM pada tahun 1980 pada saat tercetus sebuah ide untuk meletakkan elemen yang menandai bagian suatu dokumen seperti judul, alamat dan isi dokumen. Lalu, pada akhiran elemen-elemen tersebut menjadi suatu program untuk melakukan pemformatan dokumen secara otomatis. Bahasa pemograman yang digunakan untuk melakukan tugas disebut Markup Language, atau lebih lengkapnya IBM menamai program tersebut sebagai Generalized Markup Language (GML).


Perkembangan HTML

Sebelum suatu HTML disahkan menjadi suatu dokumen HTML Standar, ia harus disetujui dan evaluasi oleh W3C secara ketat. setiap terjadi perkembangan HTML maka browser pun mau tak mau harus diperbarui agar bisa mendukung pada kode-kode baru tersebut. sebab jika tidak browser tidak akan bisa menampilkan element baru tersebut. berikut adalah perkembangan HTML :

HTML versi 1.0
pada versi 1.0 ini memiliki kemampuan antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks, dan juga mendukung peletakan sebuah gambar pada dokumennya tanpa ada teks disekelilingnya (wrapping).

HTML versi 2.0
pada versi 2.0 ini dilakukan penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan sebuah form pada dokumen. html versi 2.0 ini merupakan pionir homepage interaktif.

HTML versi 3.0
pada versi 3.0 ini dilakukan penambahan beberapa falsilitas baru yaitu penambahan tabel. pada versi ini disebut juga HTML+ tidak bertahan lama dan digantikan dengan HTML versi 3.2.

HTML versi 4.0
pada versi 4.0 ini dilakukan banyak sekali perubahan dari revisi pendahulunya. perubahan ini terjadi hampil disegala printah html yaitu tabel, gambar, link, text, meta, imagemaps, from, dan lain-lain.

HTML versi 5.0
pada versi 5.0 ini dilakukan perubahan terkahir yang kita pakai sekarang. pada versi ini memiliki fitur baru, yaitu: unsur kanvas untuk menggambar, video dan audio untuk elemen pemutaran media, dukungan lebih baik untuk penyimpanan secara offline, element konten yang lebih spesifik, seperti article, footer, nav, header, section, bentuk kontrol from , seperti kalender, tanggal, waktu, email, url, search dan lain-lain.

Dan itulah sedikit penjelasan tentang Apa itu HTML ? sejarah html dan penggunaannya, semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber referensi artikel - Wikipedia
Produksi Sukabumi

wkwkwk dari dulu kode HTML standard udah ngerti tapi seluk buluk HTML ga tau,. hehe
sip mantep artikel nya gan Rizky.


Unknown

Wuih,,,baru tau aku sejarah HTML. Biasanya cuma utak-atik doang


Rizky Kurniawan

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Yuk Diskusi

Kalau ada pertanyaan yuk kita diskusikan