We come with the latest version 1.6, get this theme through our official site.

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau umumnya disebut SEO adalah sebuah rangkaian proses yang dilakukan secara sitematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami dari algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan Spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) pada hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Pengertian SEO itu sendiri sangat luas tetapi semuanya itu mencakup pada hal yang sama yaitu mengoptimalkan posisi sebuah situs web tertentu dengan kata kunci yang ditargetkan.

Kalau kamu memiliki sebuah blog, tentu kamu ingin blog kamu dikenal banyak orang. Kemudian orang-orang suka dengan blog kamu dan rindu dengan ulasan-ulasannya, nah inilah yang menjadi jalan pembuka yang mengarahkan kamu ke SEO.
Secara alami sebuah blog memiliki hak yang sama untuk dideteksi oleh Search Engine atau mesin pencari, namun blog tersebut harus tau kewajibannya dalam memberikan sebuah layanan (Service) yang baik ke search engine. Jangan mentang-mentang haknya sudah dipenuhi namun mengisi berbagai macam keyword yang tidak sesuai dengan konten didalamnya. kalau google marah minimal kamu akan mendapatkan peringatan atau jika yang kamu lakukan sudah keterlaluan kamu bisa-bisa dibanned.

Sekilas Tentang Sejarah SEO

Istilah Search Engine Optimization pertama kali digunakan pada tanggal 26 juli pada tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting oleh UseNet. Pada masa itu mesin algoritma tidak terlalu kompleks sehingga mudah untuk dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya oleh informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (Keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci dengan konten situs sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memberi peringkat pada situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian yang tidak akurat dan menimbulkan kerugian bagi mesin pencari dan pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Keuntungan Melakukan SEO

Banyak Sekali Keuntungannya namun tidak bisa disebutkan satu persatu, Yaitu:

1. Mendatangkan Trafik yang Banyak Kita Semua pasti tau jika situs atau sebuah blog pada halaman satu search engine pasti akan mendatangkan banyak pengunjung (Trafic) yang sangat besar, semua itu tergantung pada keyword yang kita targetkan dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

2. Menigkatkan Penjualan Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti notebook atau yang lainnya, maka jika ada orang yang mencari di google, Contoh : "Jual Notebook Murah". kemudian situs tersebut rangking 1 di google, maka 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3. Meningkatkan Daya Saing Mudah saja untuk keuntungan seo ini, jika suatu situs memiliki posisi tertinggi otomatis daya saingnya akan tinggi.
Masih banyak lagi keuntungan SEE yang tidak bisa dituliskan semua, karena jika saya tuliskan semua pasti jari-jemari saya akan kriting nantinya :D, mungkin dengan 3 keuntungan SEO diatas anda mungkin bisa lebih paham mengenai keuntungan SEO.

Berdasarkan uraian diatas kita bisa mengambil benang merahnya, Bahwa SEO blog merupakan cara-cara agar blog terdeteksi dan menempati peringkat teratas dalam hasil pencarian search engine yang bertujuan untuk meningkatkan trafik blog itu sendiri.Semakin tinggi trafik yang didapatkan, maka semakin besar rangking yang didapatkan blog kamu. Sedangkan peringkat dalam hasil perncarian didasarkan pada kesesuaian antara title (judul), Keyword (Kata Kunci), dan Konten (isi) blog.

Tambahan! : Orang tidak akan kenal blog kamu jika kamu tidak memperkenalkannya.
Sopala Multapa

Mantap uraiannya ... jadi sedikit paham sekarang


Rizky Kurniawan

Terima kasih mas ruly :-bd
rajin-rajin blogwalking kesini yah mas :D

Unknown

wah saya harus belajar banyak nih tentang SEO lagi sob, makasih buat masukannya :)


Rizky Kurniawan

Ya, sama-sama :-bd
semoga bermanfaat yah.

Unknown

Kalo saya sih belum ngerti banget gimana cara nya mengoptimal kan yang nama nya SEO itu hehe
kalo saya ngerti [asti deh punya pengunjung rame kayak blog ini
:D


Rizky Kurniawan

hahahaha ^:D
ya semoga dengan artikel ini bisa membuat blog kamu lebih ajib lagi, kalo blog saya gak rame-rame amat kali :-a

Anonim

Wah baru tau saya Mas
Thanks Infonya :)


Rizky Kurniawan

Ya, sama-sama :-bd
semoga bermanfaat yah.

Kang Mousir

Ilmu SEO itu sulit di tebak, Saya sendiri belajar SEO coba - coba aja kalau hasilnya itu urusan SE yang menilai :D


Rizky Kurniawan

hahaha, iya kang.
Tinggal Om SE aja yang mengatur semua :D

Unknown

weh blog nya lari ke topic seo nih, makasih penjelasannya sir :-d :-d


Wahedos

memang ilmu SEO itu susah menurut saya, tetapi kalau terus belajar akan bisa.
postingan ini nambah wawasan dan ilmu saya mas, memang top deh mas.
makasih ya.


Fajrin

uraiannya benar-benar mudah dipahami. InsyaAllah nanti saya terapkan mas :-d

defantri.com

Menyimak,... Ternyata ya SEO itu sesuatu :)

OPFansub

Wah thanks Gan artikel tentang SEO

Blogwalking jgn llupa mampir diblog saya ya :D

Unknown

bagus postingan.a boss tapi SEO tu susah di tebak

English_yolandaindo

Ohh ternyata website itu perlu di optimasi dengan trik ini, terima kasih Admin 🐻

Yuk Diskusi

Kalau ada pertanyaan yuk kita diskusikan